Knalpot Keluar Air dari Mobil Setiap Pagi? Ini Penyebabnya

Knalpot Keluar Air dari Mobil Setiap Pagi? Ini Penyebabnya

Jasa Towing Jogja – Jika Anda sering menyalakan mobil di pagi hari dan mendapatkan knalpot muncul air, Anda tidak perlu khawatir. Fenomena ini umum terjadi terhadap sebagian besar mobil dikala mesin sedang dipanaskan pertama kali di pagi hari.

Bahkan sebenarnya, perihal selanjutnya merupakan tidak benar satu pertanda bahwa mesin mobil Anda tetap didalam keadaan sehat.

Knalpot Keluar Air Berarti Mesin Anda Sehat
Hal ini di konfirmasi oleh Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi. Dia menjelaskan, air yang muncul dari knalpot waktu mesin pertama kali dinyalakan di pagi hari bukan bermakna adanya kebocoran, melainkan adanya sistem penguapan yang disebabkan oleh mobil yang terparkir lama.

“Knalpot muncul air itu wajar. Justru bagus sebab pertanda mesin bekerja bersama dengan baik. Air itu bukan sebab kebocoran, namun sebab adanya sistem penguapan atau kondensasi waktu mobil terparkir lama,” kata Didi

Dia menjelaskan, sistem kondensasi terjadi di didalam pipa knalpot sebab materialnya yang merupakan besi. Saat keadaan knalpot dingin, pembakaran mesin dapat sebabkan knalpot mengeluarkan embun.

Baca Juga :

Cara Murah Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit

Jika knalpot telah panas, air sesungguhnya sesudah itu menguap bersama dengan sendirinya. Pembakaran yang prima lumrah dapat membuahkan air. Proses pengembunan sendiri sesungguhnya normal terjadi waktu mobil parkir semalaman.

Bensin terhadap mobil punya kandungan senyawa karbon (C), hidrogen (H), dan udara (O2) terhadap area mesin. Ketika terjadi pembakaran, ketiga unsur selanjutnya dapat membuahkan air.

Oleh sebab itu, dikala mesin dinyalakan terhadap pagi hari, embun yang mengendap di didalam pipa dapat terkena motivasi udara panas dari pembakaran mesin. Saat itulah cairan embun muncul dari lubang pipa knalpot.

Menurut Didi, fenomena ini sesungguhnya biasa terjadi cocok bersama dengan cuacanya. Jika cuaca sedang dingin, sistem penguapan dapat lebih sering terjadi.

Biarkan Knalpot Mengeluarkan Air
Jika Anda melihat cipratan air muncul dari knalpot waktu mesin dinyalakan, jangan langsung mematikan mesin Anda. Bahkan sebaliknya, biarkan pembakaran mesin mengeringkan aliran air didalam pipa knalpot Anda.

Ini adalah tidak benar satu cara untuk merawat knalpot Anda. Jika knalpot muncul air, biarkan mesin tetap menyala supaya bagian didalam pipa knalpot mengering. Hal ini dapat sebabkan pipa knalpot awet dan mencegahnya keropos.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


WhatsApp Mau Jasa Towing? Hubungi CS Kami, Klik Disini.